Teks Bacaan Surat Al-Kautsar (Nikmat yang Banyak) Arab Latin Indonesia dan Arti Terjemahannya

2 min read

Teks Bacaan Surat Al-Kautsar – Ibnu Daqiq Al-‘Ied berkata bawasanya mengetahui mengenai sebab turunya ayat-ayat Al-qur’an adalah suatu cara yang sanagt kuat dalam memahami makna dari Al-qur’an. Memang hendaknya sebagai umat muslim tidak hanya menjadikan Al-qur’an hanya sekadar bahan bacaan saja, tetapi juga perlu memahami setiap makna dari ayat-ayat yang ada di dalam Al-qur’an.

Teks Bacaan Surat Al-Kautsar (Nikmat yang Banyak) Arab Latin Indonesia dan Arti Terjemahannya

Hal ini karena Al-qur’an adalah pedoman hidup umat muslim. Salah satu cara agar dapat memahami makna Al-qur’an adalah dengan mempelajari sebab turunya surat atau ayat di dalam Al-qur’an. Dalam ulasa betikut ini akan membahas mengenai Asbabun Nuzul dan Fadhilah dari Surat Al-Kautsar

Asbabun Nuzul Surat Al-Kautsar

Surat ini merupakan surat ke 108 di Al-qur’an, dan terdiri dari tiga ayat. Menurut mayoritas ulama surat ini masuk ke golongan surat Makkiyah, sedangkan ada beberapa ulama menyebutkan jika surat ini masuk ke golongan surat Madaniyah. Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Juraij menjelaskan sebab turunya surat Al-Kautsar disebabkan ketika kabar Ibrahim (putra Rasulullah SAW) meninggal dunia, dari kabar tersebut orang Quraisy mengatakan bahwa, Muhammad telah terputus (keturunanya dan dari pertolongan Allah SWT).

Hal ini mengakibatkan Rasulullah SAW merasa sedih, kemudian Allah SWT menurunkan surat Al-Kautsar. Surat ini sebagai penghibur bagi Rasulullah SAW. Surat ini sebagai penegas bahwa wafatnya putra-putra Rasulullah SAW tidak menjadikan Rasulullah SAW menjadi lemah, Rasulullah SAW adalah pribadi yang tegar. Orang-orang yang mencela Rasulullah SAW lah yang terputus.

Fadhilah Surat Al-Kautsar

Surat Al-Kautsar hanya terdiri dari tiga ayat saja, hal ini menjadikan surat ini adalah surat terpendek di dalam Al-qur’an. Meskipun pendek tetap saja surat ini memiliki fadhilah yang bisa anda rasakan manfaatnya, jika anda rajin membaca surat Al-Kautsar. Berikut adalah beberapa fadhilah dari surat Al-Kautsar

  • Menjadikan keluarga lebih harmonis

Setiap keluarga pastinya menginginkan keharmonisan. Ada salah satu cara agar keluarga anda tetap harmonis, caranya anda cukup membaca surat Al-Kautsar ketika salat tahajud, bacalah secara rutin dan bacalah dengan pasangan anda. Insya Allah dengan cara ini keluarga anda akan tetap harmonis dan lebih harmonis lagi.

  • Mengatasi rasa takut yang berlebihan

Rasa takut bisa saja datang kapan saja dan di mana saja. bisa saja saat anda sedang di suatu tempat yang asing bagi anda, biasa anda akan merasa khawatir atau bahkan takut. Saat anda takut, maka anda bisa membaca surat Al-Kautsar. Membaca surat Al-Kautsar dapat menenangkan hati anda, serta menghilangkan perasaan takut dalam diri anda.

  • Membuka Pintu Rezeki

Allah SWT selalu memberi Rezeki pada para hambanya dengan benar dan tidak akan keliru. Selain bekerja keras, anda juga perlu selalu berdoa kapad Allah SWT agar selalu dilimpahkan rezekinya. Dengan membaca surat Al-Kautsar, maka Insya Allah rezeki anda akan terasa lebih banyak dari sebelumnya. Membaca surat Al-Kautsar memang dipercaya dapat membuka pintu-pintu rezeki.

  • Sebagai obat

Saat mata anda bengkak, terasa gata atau berair, maka anda bisa membacakan surat Al-Kautsar. Caranya anda cukup menyiapkan segelas air putih, kemudian bacakan surat Al-Kautsar sebanyak sepuluh kali. Selanjutnya usapan air tersebut ke mata anda yang sakit. Dengan izin Allah penyakit mata yang anda alami akan sembuh.

Itulah beberapa fadhilah dari surat Al-Kautsar, sebenarnya masih banyak lagi fadhilah dari surat Al-Kautsar, seperti dapat menghilangkan rasa haus. Memang semua fadhilah dari surat Al-Kautsar serta surat-surat lainya yang ada di Al-qur’an itu datangnya atas seizin dari Allah SWT.

 

Teks Bacaan Surat Al-Ikhlas Beserta Artinya

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

اِنَّآ اَعْطَيْنٰكَ الْكَوْثَرَۗ – ١

Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak.

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ – ٢

Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).

اِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْاَبْتَرُ ࣖ – ٣

Sungguh, orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari rahmat Allah).

 

Tafsir Surat Al-Ikhlas Al-Jalalain

001. (Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu) hai Muhammad (Al-Kautsar) merupakan sebuah sungai di surga dan telaga milik Nabi saw. kelak akan menjadi tempat minum bagi umatnya. Al-Kautsar juga berarti kebaikan yang banyak, yaitu berupa kenabian, Alquran, syafaat dan lain sebagainya.

002. (Maka dirikanlah salat karena Rabbmu) yaitu salat Hari Raya Kurban (dan berkurbanlah) untuk manasik hajimu.

003. (Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu) yakni orang-orang yang tidak menyukai kamu (dialah yang terputus) terputus dari semua kebaikan; atau putus keturunannya. Ayat ini diturunkan berkenaan dengan orang yang bersikap demikian, dia adalah ‘Ash bin Wail, sewaktu Nabi saw. ditinggal wafat putranya yang bernama Qasim, lalu ‘Ash menjuluki Nabi sebagai Abtar yakni orang yang terputus keturunannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *