Teks Bacaan Surat Al-Lahab (Api Yang Berkejolak) Arab Latin Indonesia dan Arti Terjemahannya

4 min read

Teks Bacaan Surat Al-Lahab – Sudah sepatutnya, sebagai umat muslim unutk membaca serta mengamalkan Al-qur’an di kehidupan sehari-hari. Dengan selalu membaca dan mengamalkan Al-qur’an dikehidupan sehari-hari, maka Insya Allah akan menjadikan hidup lebih tentram. tidak hanya membacanya atau mengamalkan nya saja, seorang muslim seharusnya juga memperlajari Al-qur’an, baik itu belajar mengenai Asbabun Nuzul dari surat-surat dalam Al-qur’an, dengan mengetahui Asbabun Nuzul setiap surat dalam Al-qur’an, maka akan lebih mudah unutk memahami setiap surat dalam Al-qur’an.

Teks Bacaan Surat Al-Lahab (Api Yang Berkejolak) Arab Latin Indonesia dan Arti Terjemahannya
Teks Bacaan Surat Al-Lahab (Api Yang Berkejolak) Arab Latin Indonesia dan Arti Terjemahannya

Asbabun Nuzul Surat Al-Lahab

Surat al-Lahab diturunkan di Mekkah, sehingga disebut surat makkiyah. Surat ini terdiri dari 5 ayat. Salah satu riwayat yang diriwayatkan oleh Imam Bukhairi, menjelaskan mengenai Ababun Nuzul dari surat Al-Lahab. Dalam riwayat tersebut menjelaskan bahwa, ketika Rasulullah SAW naik ke bukit Shafa, serta mengumpulkan kaum Quraisy, untuk mengatakan bahwa musuh akan datang saat pagi atau petang.

Abu Lahab yang juga datang ke bukit Shafa, merasa marah kepada Rasulullah SAW, serta berkata bahwa Rasulullah SAW akan celaka karena telah mengumpulkan kaum Quraisy dan menyampakain hal dirasa tidak penting oleh Abu Lahab. Dari peristiwa inilah Allah SWT menurunkan surat Al-Lahab. Abu Lahab sebenarnya masih paman RAsulullh SAW, tetapi Abu Lahab adalah orang yang sangat membeci Rasulullah SAW.

Dalam salah satu riwayat yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, menyebutkan bahwa Abu Lahab pernah berkata bahwa Rasulullah SAW adalah seorang pendusta. Teks Bacaan Surat Al-Lahab memang berisi mengenai Abu Lahab dan istrinya yang sama bencinya dengan Rasulullah SAW. Disebutkan dalam surat ini bahwa Abu Lahab dan istrinya akan mendapat ancaman balasan berupa siksaan neraka dari Allah SWT.

Kandungan Surat Al-Lahab

  • Harta Tidak Akan Menyelamatkan Dari Siksa Neraka

Di surat Al-Lahab menyebutkan bahwa segala harta benda Abu Lahab tidak ada manfaatnya sama sekali, bahkan harta bendanya pun tidak dapat menebusnya dari azab Allah SWT. Dengan membaca surat ini, maka sudah seharusnya sebagai seorang muslim, anda tidak menyombongkan harta benda dan keturunan anda. sesungguhnya harta benda dan keturunan yang anda punya tidak dapat menyelamatkan ada dari siksaan neraka, dan segala harta benda dan keturunan anda hanyalah titipan Allah SWT yang bersifat sementara. Tapi harta benda dan keturunan dapat membawa manfaat jika seseorang tersebut beriman.

  • Bahaya Saling Tolong Menolong Dalam Kejelekan

Abu Lahab dan istrinya adalah salah satu contoh tolong menolong dalam hal kejelakan. Sebagai umat muslim yang beriman, sudah seharusnya anda untuk megingatkan jika ada seseorang yang melakukan kejahatan atau kejelekan, jangan sampai anda malah membantunya untuk melakukan kejahatan. Dengan membaca surat Al-Lahab, semoga selalu mengingatkan anda agar tolong menolong dalam hal kebaikan.

Fadhilah Surat Al-Lahab

Ada beberapa fadhilah dari surat Al-Lahab yang bisa anda manfaatkan, berikut ini adalah beberapa fahdhilah dari surat Al-Lahab

  • Rasa Takut Untuk berbuat Maksiat

Surat Al-Lahab ini menceritakan tentang Abu Lahab dan istrinya yang akan mendapat ancaman siksaan neraka yang sangat. Sehingga surat ini sebgai pengingat setiap muslim untuk tidak mendurhakai ALlah SWT. Menahan diri dari segala hawa nafsu memang sangat sulit. Jika diri tidak memiliki iman yang kuat pasti akan sangat mudah unutk berbuat maksiat Jadi surat ini bisa dijadikan banteng bagi anda agar tidak berbuat maksiat yang dapat menjerumuskan anda ke dalam neraka.

  • Terhidar Dari Rasa Derita

Watak Abu Lahab dan istrinya adalah watak yang seharusnya dihindari oleh setiap orang. Seseorang yang memiliki watak suka menfitnah, jelas akan dipastikan bahwa hidupnya akan dipenuhi oleh derita. Salah satu pelajaran penting yang dapat diambil dari surat Al-Lahab adalah sebuah peringatan agar tidak memilki watak seperti Abu Lahab dan istrinya, dengan membaca surat Al-Lahab semoga anda bisa lebih mengintropeksi diri sendiri agar tidak mempunyai watak seperti Abu Labab dan istrinya, sehingga hidup anda tidak dipenuhi oleh derita.

Itu dia beberapa fadhilah dari surat Al-Lahab. Watak Abu Lahab dan istrinya adalah watak yang tidak boleh ditiru oleh siapa saja. jadi semoga anda terhindar dari watak yang suka menfitnah dan watak-watak buruk lainya.

Semoga penjelasan tentang surat Al Lahab ini bermanfaat, terimakasih.

Teks Bacaan Surat Al-Lahab (Api Yang Berkejolak) Arab Latin Indonesia

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

 

تَبَّتْ يَدَآ اَبِيْ لَهَبٍ وَّتَبَّۗ

tabbat yadā abī lahabiw wa tabb

Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan benar-benar binasa dia!

مَآ اَغْنٰى عَنْهُ مَالُهٗ وَمَا كَسَبَۗ

mā agnā ‘an-hu māluhụ wa mā kasab

Tidaklah berguna baginya hartanya dan apa yang dia usahakan.

سَيَصْلٰى نَارًا ذَاتَ لَهَبٍۙ

sayaṣlā nāran żāta lahab

Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak (neraka).

وَّامْرَاَتُهٗ ۗحَمَّالَةَ الْحَطَبِۚ

wamra`atuh, ḥammālatal-ḥaṭab

Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar (penyebar fitnah).

فِيْ جِيْدِهَا حَبْلٌ مِّنْ مَّسَدٍ

fī jīdihā ḥablum mim masad

Di lehernya ada tali dari sabut yang dipintal.

Tafsir Surat Al-Lahab (Api Yang Berkejolak) Tafsir Al-Jalalain

001. (Binasalah) atau merugilah (kedua tangan Abu Lahab) maksudnya diri Abu Lahab; di sini diungkapkan dengan memakai kata-kata kedua tangan sebagai ungkapan Majaz, karena sesungguhnya kebanyakan pekerjaan yang dilakukan oleh manusia itu dikerjakan dengan kedua tangannya; Jumlah kalimat ini mengandung makna doa (dan sesungguhnya dia binasa) artinya dia benar-benar merugi. Kalimat ayat ini adalah kalimat berita; perihalnya sama dengan perkataan mereka: Ahlakahullaahu Waqad Halaka, yang artinya: “Semoga Allah membinasakannya; dan sungguh dia benar-benar binasa.” Ketika Nabi saw. menakut- nakutinya dengan azab, ia berkata, “Jika apa yang telah dikatakan oleh anak saudaraku itu benar, maka sesungguhnya aku akan menebus diriku dari azab itu dengan harta benda dan anak-anakku.” Lalu turunlah ayat selanjutnya, yaitu:

002. (Tidaklah berfaedah kepadanya harta benda dan apa yang ia usahakan) maksudnya apa yang telah diusahakannya itu, yakni anak-anaknya. Lafal Aghnaa di sini bermakna Yughnii, artinya tidak akan berfaedah kepadanya harta dan anak-anaknya. 003. (Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak) yang besar nyalanya; kata-kata ini pun dijadikan pula sebagai julukan namanya, karena ia mempunyai muka yang berbinar-binar memancarkan sinar merah api.

004. (Dan begitu pula istrinya) lafal ini di’athafkan kepada Dhamir yang terkandung di dalam lafal Yashlaa, hal ini diperbolehkan karena di antara keduanya terdapat pemisah, yaitu Maf’ul dan sifatnya; yang dimaksud adalah Umu Jamil (pembawa) dapat dibaca Hammalaatun dan Hammaalatan (kayu bakar) yaitu duri dan kayu Sa’dan yang banyak durinya, kemudian kayu dan duri itu ia taruh di tengah jalan tempat Nabi saw. lewat.

005. (Yang di lehernya) atau pada lehernya (ada tali dari sabut) yakni pintalan dari sabut; Jumlah ayat ini berkedudukan menjadi Haal atau kata keterangan dari lafal Hammaalatal Hathab yang merupakan sifat dari istri Abu Lahab. Atau kalimat ayat ini dapat dianggap sebagai Khabar dari Mubtada yang tidak disebutkan.

Download Murottall Surat Al-Lahab MP3 Full Qari’

Murottal Surat Al-Lahab MP3 Qari’ Abdul Basith Abdush Shamad

Download

Murottal Surat Al-Lahab MP3 Qari’  Abdullah-Al-Mathrud

Download

Murottal Surat Al-Lahab MP3 Qari’ Abdurrahman-Al-Ausy

Download

Murottal Surat Al-Lahab MP3 Qari’ Abdurrahman-As-Sudais

Download

Murottal Surat Al-Lahab MP3 Qari’ Abu-Bakar-Asy-Syathiri

Download

Murottal Surat Al-Lahab MP3 Qari’ Ahmad-Saud

Download

Murottal Surat Al-Lahab MP3 Qari’ Hani-Ar-Rifai

Download

Murottal Surat Al-Lahab MP3 Qari’ Mahmud-Khalil

Download

Murottal Surat Al-Lahab MP3 Qari’ Mishary Rasyid

Download

Murottal Surat Al-Lahab MP3 Qari’ Muhammad-Ayyub

Download

Murottal Surat Al-Lahab MP3 Qari’ Muhammad-Thaha-Al-Junaid

Download

Murottal Surat Al-Lahab MP3 Qari’ Muzammil-Hasballah-Surah-Al-Lahab

Download

Murottal Surat Al-Lahab MP3 Qari’ Saad-Al-Ghamidy

Download

Murottal Surat Al-Lahab MP3 Qari’  Ziyad-Pattel

Download

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *