Teks Bacaan Surat Al-Qadr (Malam Kemuliaan) Arab Latin Indonesia dan Arti Terjemahannya

4 min read

Al-quran merupakan kitab bagi umat islam. sehingga hal ini menjadikan Al-quran sebagai pedoman hidup bagi setiap umat islam. maka dari itu umat islam sangat dianjurkan untuk membaca Al-quran. Allah SWT menurunkan surat-surat dalam Al-quran secara bertahap. Setiap surat yang diturankan oleh Allah SWT memiliki asbabun nuzulnya masing-masing, serta setiap surat dalam Al-quran juga memiliki keutamaanya masing-masing. Sama hal nya dengan surat Al-Qadr yang tentunya ada manfaat susai dengan sabab turunya.

Teks Bacaan Surat Al-Qadr (Malam Kemuliaan) Arab Latin Indonesia dan Arti Terjemahnanya
Teks Bacaan Surat Al-Qadr (Malam Kemuliaan) Arab Latin Indonesia dan Arti Terjemahnanya

Asbabun Nuzul Diturunkanya Surat Al-Qadr

Surat Al-Qadr terdiri dari lima ayat. Asbabu nuzul surat Al-qadr ini berhubungan dengan cerita yang pernah di ceritakan Rasulullah SAW kepada para sahabatnya. Rasulullah SAW bercerita mengenai seorang dari Bani Israil yang berjuang di jalan Allah SWT dengan menggunakan senjatanya. Disebutkan juga jika seorang tersebut berjuang selama seribu bulan terus menurus tanpa henti. Perjuangan orang tersebut membuat para kaum muslimin mengagumi seorang Bani Israil tersebut. hal ini lah yang membuta Allah SWT menurunkan surat Al-Qadr. Cerita tersebut diriwayatkan oleh riwayat Ibnu Abi Hatim dan Al Wahidi, yang bersumber dari Mujahid.

Ada juga riwayat lain yang menyebutkan bahwa, dahulu di kalangan Bani Israil terdapat seorang laki-laki yang gemar beribadah pada malam sampai pagi hari, dan ketika siang ia berjuang untuk memerangi musuh-musuhnya, dia melakukan perbuatan tersebut selama seribu malam terus menerus.

Kedua cerita itulah yang diyakini sebagai sebab turunya surat Al-Qadr. Surat ini sebagai penjelasan bahwa malam lailatul Qadr adalah malam yang lebih baik dibadningkan dengan perjuangan seorang Bani Israil selama seribu bulan.

Fadillah Surat Al-Qadr

Sama halnya dengan surat-surat lain dalam Al-qur’an, surat Al-Qadr pun memiliki keutamaan atau fadillah bagi setiap yang membacanya. Berikut ini adalah fadillah surat Al-Qadr

  • Berlipat Pahala

Setiap membaca ayat-ayat dalam Al-quran, jelas akan mendapatkan pahala. Sama halnya ketika membaca surat Al-Qadr juga dapat memdatangkan pahala. Sabda RAsulullah SAW menyebutkan bahwa siapa saja yang membaca surat Al-Qadr maka akan mendapatkan pahala yang sama seperti orang yang sedang berpuasa.

Tidak hanya itu saja pahala yang dapat diterima ketika membaca surat Al-Qadr, Rasulullah juga bersabdah bahwa membaca surat Al-Qadar sehabis wudhu maka pahalanya sama dengan beribadah 50 tahun, jika membaca dua kali surat ini maka pahalanya sama seperti pahala yang diberikan kepada Nabi Ibrahim dan Nabi Musa, jika membaca tiga kali maka akan dibukakan semua pintu surga.

  • Agar Bemimpi Bertemu Dengan Rasulullah SAW

Setiap umat islam pastinya ingin sekali dapat berjumpa dengan Rasulullah SAW. Namun untuk saat ini jelas hal itu tidak akan bisa karena RAsulullah SAW sudah tiada. Tapi ada beberapa orang yang dikehendaki oleh Allah SWT agar bisa berjumpa dengan Rasulullah SAW di dalam mimpi. Ada satu cara agar dapat bertemu RAsulullah SAW yaitu dengan membaca surat Al-Qadr sebanayak 1000 kali setiap malam jumat, maka bagi orang yang mambaca surat tersebut sebanayk 1000 kali di setiap jumat, Insya Allah orang tersebut sebelum meninggal akan bermimpi bertemu Rasulullah SAW.

  • Menjadikan Hati Lembut

Jika seseorang senang tiasa membaca surat Al-Qadar, maka hati seorang tersebut akan menjadi lebih lembut, dan akan menjadi lebih kyusuk kepada Allah SWT. Maka tak ada salahnya selalu membaca surat Al-Qard agar memilki hati yang lembut.

  • Doa Akan Dikabulkan

Siapa pun pasti menginginkan segala doanya agar dikabulkan oleh Allah SWT. Ada salah satu cara agar doa yang dipanjatkan dapat dikabulkan oleh Allah SWT. Cara tersebur adalah dengan membaca surat Al-Fatihah, Al-Iklas, Ayat Kursi, serta surat Al-Qadr sambil menghadp kiblat, maka Insya Allah segala doa yang belum terkabul akan segera dikabulkan oleh Allah SWT.

Teks Bacaan Surat Al-Qadr Arab Latin dan Terjemahan

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ

innā anzalnāhu fī lailatil-qadr

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam qadar.

وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِۗ

wa mā adrāka mā lailatul-qadr

Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?

لَيْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗ

lailatul-qadri khairum min alfi syahr

Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.

تَنَزَّلُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا بِاِذْنِ رَبِّهِمْۚ مِنْ كُلِّ اَمْرٍۛ

tanazzalul-malā`ikatu war-rụḥu fīhā bi`iżni rabbihim, ming kulli amr

Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.

سَلٰمٌ ۛهِيَ حَتّٰى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

salāmun hiya ḥattā maṭla’il-fajr

Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.

Tafsir Surat Al-Qadr Menurut Tafsir Al-Jalalain

001. (Sesungguhnya Kami telah menurunkannya) yaitu menurunkan Alquran seluruhnya secara sekali turun dari lohmahfuz hingga ke langit yang paling bawah (pada malam kemuliaan) yaitu malam Lailatulkadar, malam yang penuh dengan kemuliaan dan kebesaran.

002. (Dan tahukah kamu) Hai Muhammad (apakah malam kemuliaan itu?) ungkapan ini sebagai pernyataan takjub atas keagungan yang terdapat pada Lailatulkadar.

003. (Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan) yang tidak ada malam lailatulkadarnya; beramal saleh pada malam itu pahalanya jauh lebih besar dan lebih baik daripada beramal saleh yang dilakukan selama seribu bulan yang tidak mengandung malam lailatulkadar.

004. (Turunlah malaikat-malaikat) bentuk asal dari lafal Tanazzalu adalah Tatanazzalu, kemudian salah satu huruf Ta-nya dibuang, sehingga jadilah T anazzalu (dan Ar-Ruh) yakni malaikat Jibril (di malam itu) artinya pada malam kemuliaan/lailatulkadar itu (dengan izin Rabbnya) dengan perintah dari-Nya (untuk mengatur segala urusan) atau untuk menjalankan ketetapan Allah buat tahun itu hingga tahun berikutnya, hal ini terjadi pada malam kemuliaan itu. Huruf Min di sini bermakna Sababiyah atau sama artinya dengan huruf Ba; yakni mereka turun dengan seizin Rabbnya dengan membawa segala urusan yang telah menjadi ketetapan-Nya untuk tahun itu hingga tahun berikutnya.

005. (Malam itu penuh dengan kesejahteraan) lafal ayat ini sebagai Khabar Muqaddam atau Khabar yang didahulukan, sedangkan Mubtadanya ialah (sampai terbit fajar) dapat dibaca Mathla’al Fajri dan Mathla’il Fajri, artinya hingga waktu fajar. Malam itu dinamakan sebagai malam yang penuh dengan kesejahteraan, karena para malaikat banyak mengucapkan salam, yaitu setiap kali melewati seorang mukmin baik laki-laki maupun perempuan mereka selalu mengucapkan salam kepadanya.

 

Download Mp3 Murottal Surat Al-Qadr

Muzammil Hasballah

 

Download

Ahmed Al Misbahi

 

Download

Ahmed Saoud

Download

Muhammad Taha al Junaid

Download

Salah Al Hashem

Download

Saad Al Ghamdi

Download

Mishary Rashid Alafasy

Download

Nabil Ar Rifai

Download

Muhammad Ayyub

Download

Emad Al Mansary

Download

Hani Ar Rifai

Download

 Aziz Alili

Download

Abdul Rahman Jamal Aloosi

Download

 Abdallah Kamel

Download

 Abdul Rahman Al Sudais

Download

Itulah beberapa fadillah atau keutamaan membaca surat Al-Qadr. Sebagai umat islam memang sudah semestinya senang tiasa membaca Al-qur’an karena Al-qur’an adalah penerang hidup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *