Teks Bacaan Surat Al-Quraisy (Kaum Quraisy) Arab Latin Indonesia dan Arti Terjemahannya

2 min read

Teks Bacaan Surat Al-Quraisy – Membaca Al-qur’an merupakan suatu amalan yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Lebih baik lagi jika juga mambaca terjemahan setiap surat di dalam Al-qur’an. Dengan membaca terjemahanya, maka anda akan lebih mampu unutk memahani makna di setiap ayat Al-qur’an. Terlebih lagi jika memperlajari mengenai Asbabun Nuzul setiap surat di Al-qur’an, pada umumnya Azbabun Nuzul akan memudahkan anda dalam menemukan pemahaman makna suatu surat dibalik kisah turunya surat tersebut. berikut ini akan mengulas mengenai Asbabun Nuzul dan Fadhilah dari surat Al-Quraisy.

Teks Bacaan Surat Al-Quraisy (Kaum Quraisy) Arab Latin Indonesia dan Arti Terjemahannya

Asbabun Nuzul Surat Al-Quraisy

Surat Al-Quraisy merupakan surat ke 106 di dalam Al-quran, surat ini terdiri dari empat ayat, surat ini termasuk ke dalam golongan surat Makkiyah, tapi ada beberapa ulama yang menyebutkan, jika surat Al-Quraisy termasuk golongan surat Madaniyah. Surat ini berisi agar kaum Quraisy selalu mengingat kenikmatan-kenikmatan yang telah diberikan oleh Allh SWT.

Kaum quraisy merupakan kaum yang paling berpengaruh di Mekkah. salah satu kenikmtan yang Allah SWT berikan kepada kaum Quraisy adalah kemenagan kaum Quriasy atas pasukan gajah yang akan menghancurkan Ka’bah. Salah satu riwayat menyebutkan bahwa Allah telah membeikan keistimewaan kepada suku Quraisy dengan tuhuh hal. serta Allah juga menurunkan satu surat dalam Al-qur’an yang berbicara mengenai suku Quraisy. surat yang dimaksud adalah surat Al-Quraisy.

Fadhilah Surat Al-Quraisy

Selain mendapatkan pahala, membaca surat Al-Quraisy juga dapat memberikan fadhilah bagi setiap pembacanya. Adapun fadhiah dari surat Al-Quraisy adalah sebagai berikut

  • Menetralkan Beban Pikiran

Setiap individu pasti memiliki beban pikiranya masing-masing. Beban pikiran bisa menjadikan seseorang stres. Ada salah satu cara agar pikiran anda bisa lebih fres dan netral, cara tersebut adalah anda cukup membaca surat Al-Quraisy. dengan membaca surat Al-Quraisy, Insya Allah anda akan terbebas dari kesedihan, perasaan was-was, serta beban pikiran lainya.

  • Akan Bertemu Rasulullah SAW di Dalam Mimpi

Setiap muslim pasti akan merasa bahagia dan beruntung, meskipun hanya dapat bertemu Rasulullah SAW di dalam mimpinya. Hanya orang-orang yang dikehendaki Allah SWT lah yang dapat bertemu Rasulullah SAW di dalam sebuah mimpi. Dengan membaca surat Al-Quraisy sebanyak 1000 kali di malam Jumat, serta dalam keadaan suci, maka Insya Allah anda akan dapat bertemu dengan Rasulullah SAW di dalam mimpi.

  • Mencegah Makan yang Dikhawatirkan Menimbulkan Bahaya

Jika saat anda ingin memakan suatu makanan, namun anda merasa khawatir terhadap makanan tersebut akan membarikan suatu bahaya, maka anda bisa membacakan surat Al-Quraisy kemudian tiupkan pada makanan tersebut. dengan membacakan surat Al-Quraisy, Insya Allah makanan yang ada khawatirkan tersebut akan aman dikunsumsi, serta makanan tersebut akan membawa berkah untuk anda.

  • Penawar Racun

Saat salah satu dari keluraga anda, teman anda, kenalan anda atau siapaun yang terkena racun, maka salah satu cara untuk menghilangkan racun tersebut adalah anda cukup menuliskan surat Al-Quraisy di atas piring, kemudia dileburkan dengan air, tapi anda harus melakukanya dalam keadaan suci, kemudia minumkan air tersebut kepada orang yang terkena racun, maka atas izin Allah SWT air tersebut akan menjadi penawar racun.

Itulah beberapa fadhilah dari surat Al-Quraisy. dengan membaca surat ini, maka sudah sepantasnya anda sebagi kaum muslimin, selalu mengingat dan bersyukur atas segala nikmat yang telah Allah SWT berikan. Dengan bersyukur hidup anda akan lebih merasa tercukupi dan merasa tenang.

 

Teks Bacaan Surat Al-Quraisy Beserta Arti Terjemahan

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

لِاِيْلٰفِ قُرَيْشٍۙ – ١

Karena kebiasaan orang-orang Quraisy,

 

اٖلٰفِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاۤءِ وَالصَّيْفِۚ – ٢

(yaitu) kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas.

 

فَلْيَعْبُدُوْا رَبَّ هٰذَا الْبَيْتِۙ – ٣

Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan (pemilik) rumah ini (Ka‘bah),

 

الَّذِيْٓ اَطْعَمَهُمْ مِّنْ جُوْعٍ ەۙ وَّاٰمَنَهُمْ مِّنْ خَوْفٍ ࣖ – ٤

yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari rasa ketakutan.

 

Tafsir Surat Al-Quraisy Al-Jalalayn

001. (Karena kebiasaan orang-orang Quraisy.)

002. (Yaitu kebiasaan mereka) lafal ini mengukuhkan makna lafal sebelumnya (bepergian pada musim dingin) ke negeri Yaman (dan musim panas) ke negeri Syam dalam setiap tahunnya; mereka bepergian dengan tujuan untuk berniaga yang keuntungannya mereka gunakan untuk keperluan hidup mereka di Mekah dan untuk berkhidmat kepada Baitullah yang merupakan kebanggaan mereka; mereka yang melakukan demikian adalah anak-anak An-Nadhr bin Kinanah.

003. (Maka hendaklah mereka menyembah) lafal ini menjadi ta’alluq atau tempat bergantung bagi lafal Li-iilaafi; sedangkan huruf Fa adalah huruf Zaidah (Rabb rumah ini.)

004. (Yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar) agar mereka tidak kelaparan (dan mengamankan mereka dari ketakutan) artinya supaya mereka tidak merasa takut lagi. Sesungguhnya mereka sering mengalami kelaparan, karena di Mekah tidak terdapat lahan pertanian, sebagaimana mereka pun pernah dicekam oleh rasa takut, yaitu ketika tentara bergajah datang kepada mereka dengan maksud untuk menghancurkan Kakbah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *