Teks Bacaan Surat An-Nashr (Pertolongan) Arab Latin Indonesia dan Arti Terjemahannya

3 min read

Bacaan Surat An-Nashr – Setiap turunnya suatu surat Al-qur’an, memang selalu ada hal yang melatar belakangi’ turunya surat Al-qur’an tersebut. selalu ada maksud dan tujuan tertentu dari setipa turunya surat Al-qur’an. Salah satunya adalah ada bebrbagai kebaikan yang dapat dimanfaatkan dari membaca surat=surat yang ada di dalam Al-qur’an. Tak terkecuali surat An- Nashr, surat ini juga memiliki berbagai kebaikan bagi anda yang rajin membacanya.

Teks Bacaan Surat An-Nashr (Pertolongan) Arab Latin Indonesia dan Arti Terjemahannya
Teks Bacaan Surat An-Nashr (Pertolongan) Arab Latin Indonesia dan Arti Terjemahannya

Asbabun Nuzul Surat An-Nashr

Asbabun Nuzul dari Surat An-Nashr ini berkenanan dengan suatu kisah. kisah ini diriwayatkan oleh Abdurrazzaq dalam kitabnya dari Muammarah dan zuhri. Di riwayat tersebut menjelaskan bahwa, pada saat hari pembebasan, Rasulullah SAW memasuki kota Mekkah. Lalu Rasulullah SAW memerintahkan Khalid bin Walid beserta pasukanya untuk pergi ke pinggir kota Mekkah guna memerangi kaum Musryik Quarisy. Atas bantuan dari Allah SWT. Allah SWT lalu menghancurkan orang-orang Musyrik tersebut.

setelahnya Rasulullah SAW memerintahkan untuk melucuti persenjataan mereka. Setelahnya Rasulullah SAW memafaatkan mereka dan melepas mereka. Akhirnya, mereka berbondng-bondong masuk agama islam. lalu Allah SWT menurunkan surat An-Nashr. Peristiwa inilah yang mendasari turunya surat An-Nashr. Surat yang memilki tiga ayat ini memliki arti pertolongan.

Berisi mengenai bahwa pertolongan Allah SWT akan datang dan islam meperoleh kemenangan. Surat An-Nashr merupakan surat terakhir turun, surat ini juga sebagai tandah bahwa hari perpisahan dengan Rasulullah SAW sudah dekat.

Fadhilah Surat An-Nashr

Setiap surat dalam Al-qur’an tentunya memilki fadhilahnya masing-masing. Surat An-Nashr juga memilki fadhilah. Berikut ini adalah beberapa fadhilah dari surat An-Nashr

  • Merasa Seolah-olah Bersama Rasulullah SAW

Bisa bertemu dengan Rasulullah SAW adalah impian dari semua muslim di dunia. Betapa senangnya seorang muslim yang bisa hidup di masa Rasulullah SAW dan bisa selalu berada dekat dengan Rasulullah SAW. Tapi di zaman sekarang ini, jelas itu hal yang tidak mungkin karena Rasulullah SAW memang sudah meninggal. Namun bagi anda yang sering membaca surat An-Nashr, maka anda akan merasa seolah-olah sedang bersama  Rasulullah SAW pada saat pembukaan kota Mekkah.

  • Segera Dikabulkan Segala Doa

Mungkin ada banyak doa-doa anda yang belum dikabulkan oleh Allah SWT, dengan membaca surat An-Nashr setelah salat dan menjadikan surat ini sebagi wirid, maka Insya Allah kainginannya akan segera dikabulkan oleh Allah SWT, serta menambah iman dan keyakinan.

  • Terhindar dari Api Neraka

Tak ada yang ingin masuk ke dalam neraka. Semua orang jelas menginginkan masuk kedalam surga yang penuh kenikmatan dan kebahagiaan. Dengan membaca surat An-Nasr dalam salat wajib atau sunnah, maka isnya Allah anda akan mendapatkan keamanan dari panasnya api neraka. Pada hari kiamat anda hanya akan diberikan kabar gembira sampai anda masuk ke surga.

  • Pertolongan Allah SWT pasti datang

Surat ini berisi mengenai pertolongan Allah SWT, dengan membaca surat An-nashr, maka sudah semestinya anda selalu percaya bahwa pertolongan Allah SWT itu pasti akan datang, dan Allah selalu akan menologan orang-orang yang berjuang di jalan Allah SWT dan meinggikan kalimat-kalimat-Nya. Semoga sebagi orang yang beriman, anda senang tiasa untuk berjuang di jalan Allah dan meninggikan kalimat-kalimat Allah SWT, dan semoga anda selalu diberi pertolongan oleh Allah SWT.

Teks Bacaan Surat An-Nashr dan Arti Terjemahannya

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

 

اِذَا جَاۤءَ نَصْرُ اللّٰهِ وَالْفَتْحُۙ

iżā jā`a naṣrullāhi wal-fat-ḥ
Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan,

 

وَرَاَيْتَ النَّاسَ يَدْخُلُوْنَ فِيْ دِيْنِ اللّٰهِ اَفْوَاجًاۙ

wa ra`aitan-nāsa yadkhulụna fī dīnillāhi afwājā

dan engkau melihat manusia berbondong-bondong masuk agama Allah,

 

فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَاسْتَغْفِرْهُۗ اِنَّهٗ كَانَ تَوَّابًا

fa sabbiḥ biḥamdi rabbika wastagfir-h, innahụ kāna tawwābā

maka bertasbihlah dalam dengan Tuhanmu dan mohonlah ampunan kepada-Nya. Sungguh, Dia Maha Penerima tobat.

Tafsir Surat An-Nashr Al-Jalalayn

01. (Apabila telah datang pertolongan Allah) kepada Nabi-Nya atas musuh-musuhnya (dan kemenangan) yakni kemenangan atas kota Mekah.

02. (Dan kamu lihat manusia masuk agama Allah) yaitu agama Islam (dengan berbondong-bondong) atau secara berkelompok, yang pada sebelumnya hanya secara satu persatu. Hal tersebut terjadi sesudah kemenangan atas kota Mekah, lalu orang-orang Arab dari semua kawasan datang kepada Nabi saw. dalam keadaan taat untuk masuk Islam.

03. (Maka bertasbihlah dengan memuji Rabbmu) artinya bertasbihlah seraya memuji-Nya (dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima tobat) sesungguhnya Nabi saw. sesudah surah ini diturunkan, beliau selalu memperbanyak bacaan: Subhaanallaah Wa Bihamdihi, Astaghfirullaaha Wa Atuubu Ilaihi, yang artinya: “Maha Suci Allah dengan segala pujian-Nya, aku memohon ampun kepada Allah dan bertobat kepada-Nya.” Dengan turunnya surah ini dapat diketahui bahwa saat ajalnya telah dekat. Peristiwa penaklukan kota Mekah itu terjadi pada bulan Ramadan tahun delapan Hijriah, dan beliau wafat pada bulan Rabiulawal, tahun sepuluh Hijriah.

Download Surat An-Nashr MP3 Full

Surat An Nashr Mp3 Qari’ Muzammil Hasballah

Download MP3

Surat An Nashr MP3 Qari’ Abdul-Basith-Abdus-Shamad

 

Download MP3

Surat An Nashr MP3 Qari’ Abdullah-Al-Mathrud

 

Download MP3

Surat An Nashr MP3 Qari’ Abdurrahman-Al-Ausy

 

Download MP3

Surat An Nashr MP3 Qari’ Abdurrahman-As-Sudais

 

Download MP3

Surat An Nashr MP3 Qari’ Abu-Bakar-Asy-Syathiri

 

Download MP3

Surat An Nashr MP3 Qari’ Ahmad-Misbahy

 

Download MP3

Surat An Nashr MP3 Qari’ Ahmad-Saud

 

Download MP3

Surat An Nashr MP3 Qari’ Hani-Ar-Rifai

Download MP3

Surat An Nashr MP3 Qari’ Mahmud-Khalil

 

Download MP3

Surat An Nashr MP3 Qari’ Mishary-Rasyid

 

Download MP3

Surat An Nashr MP3 Qari’ Muhammad-Thaha-Al-Junaid

 

Download MP3

Surat An Nashr MP3 Qari’ Saad-Al-Ghamidi

 

Download Mp3

Surat An Nashr MP3 Qari’ Ziyad-Pattel

 

Download MP3

Hal-hal di atas merupakan beberapa fadhilah dari surat An-Nashr. Surat ini adalah sebagi pertanda bahwa ajal Rasulullah Saw semakin dekat. Setelah turunya surat ini Rasulullah SAW bersunguh-sungguh dalam urusan akherat. semoga sebagai umat muslim, anda bisa meniru sifat-sifat mulia Rasulullah SAW untuk bersungguh-sungguh dalam urusan akhirat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *