Tata Cara Doa Qunut Tarawih Setelah Witir Selama Pertengahan Ramadhan

Doa qunut witir sesuai sunnah tidak hanya dilakukan ketika shalat Subuh. Tapi di dalam mazhab Syafi’i doa qunut juga disunnahkan ketika shalat witir pada pertengahan bulan ramadhan. Dimulai dari tanggal 16 ramadhan hingga akhir ramadhan.

Tata Cara Doa Qunut Tarawih

Abdurrahman bin Abdul Qori menjelaskan kebiasaan Umar bin Khatab melakukan qunut setelah witir.  Qunut tersebut dilakukan setelah rukuk (ketika i’tidal). Doa qunut tersebut merupakan doa laknat untuk orang kafir setelah memasuki paruh ramadhan.  Namun sayangnya kebiasaan Umar bin Khatab ini sudah jarang sekali kita temui di masyarakat.

Tata CaraDoa Qunut Tarawih Setelah Witir Selama Pertengahan Ramadhan

Nah beginilah doa qunut witir sesuai sunnah yang sering dilakukan oleh Umar bin Khatab:

Membaca Doa Qunut

Doa qunut witir sesuai sunnah yang pertama tentunya membaca doa qunut itu sendiri. Inilah doa qunut yang biasa dilafalakan oleh Umar bin Khatab ketika melakukan qunut tarawih setelah witir selama pertengahan ramadhan:

اللَّهُمَّ قَاتِلِ الْكَفَرَةَ

الَّذِينَ يَصُدُّونَ عَنْ سَبِيلِكَ وَيُكَذِّبُونَ رُسُلَكَ

وَلَا يُؤْمِنُونَ بِوَعْدِكَ

وَخَالِفْ بَيْنَ كَلِمَتِهِمْ

وَأَلْقِ فِي قُلُوبِهِمُ الرُّعْبَ

وَأَلْقِ عَلَيْهِمْ رِجْزَكَ وَعَذَابَكَ

إِلَهَ الْحَقِّ

Allaahumma qootilil kafarotal-ladziina yashudduuna ‘an sabiilika wa yukadz-dzibuuna rusulaka, wa laa yu’minuuna biwa’dika, wa khoolif baina kalimatihim, wa alqi fii quluubihimur-ru’ba, wa alqi ‘alaihim rijzaka wa ‘adzaabaka, ilaahal haqq.

Artinya:

Ya Alllah, binasakanlah orang-orang kafir yang menghalangi manusia dari jalan-Mu, mereka mendustakan para rasul-Mu, dan tidak beriman dengan janji-Mu. Cerai-beraikan persatuan mereka dan timpakanlah rasa takut di hati mereka, serta timpakanlah siksaan dan azab-Mu pada mereka, wahai sesembahan yang haq.

Membaca Shalawat

Setelah membaca doa qunut witir sesuai sunnah selanjutnya Umar bin Khatab biasanya bershalawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan berdoa untuk kebaikan seluruh kaum muslimin. Kemudian dilanjutkan dengan memohon ampunan untuk seluruh kaum mukminin.  Selanjutnya, membaca doa:

اللَّهُمَّ إِيَّاكَ نَعْبُدُ

وَلَكَ نُصَلِّي وَنَسْجُدُ

وَإِلَيْكَ نَسْعَى وَنَحْفِدُ

وَنَرْجُو رَحْمَتَكَ رَبَّنَا

وَنَخَافُ عَذَابَكَ الْجِدَّ

إِنَّ عَذَابَكَ لِمَنْ عَادَيْتَ مُلْحِقٌ

Allaahumma iyyaaka na’budu, wa laka nushollii wa nasjudu, wa ilaika nas’aa wa nahfidu, wa narjuu rohmataka robbanaa, wa nakhoofu ‘adzaabakal jidda, inna ‘adzaabaka liman ‘aadaita mulhiq.

Artinya:

Ya Allah, kami menyembah hanya kepada-Mu, hanya kepada-Mu kami shalat dan sujud, hanya untuk-Mu kami berusaha dan beramal, dan kami memohon rahmat-Mu, wahai Rabb kami. Kami pun takut kepada azab-Mu yang pedih. Sesungguhnya azab-Mu ditimpakan kepada orang yang Engkau musuhi.

Membaca Takbir

Setelah membaca diatas doa qunut witir sesuai sunnah yang dilakukan oleh Umar bin Khatab selanjutnya melakukan takbir dan turun sujud.

Nah itu dia Tata caradoa qunut tarawih setelah witir selama pertengahan ramadhanyang biasa dilakukan oleh Umar bin Khatab. Kebiasaan tersebut sudah tidak kita jumpai lagi di masyarakat. Hanya sesekali saja dilaksanakan dengan tujuan untuk menghidupkan kembali zaman Umar bin Khatab radhiyallahu ‘anhu.Semoga dengan membaca artikel ini teman-teman menjadi tahu. Bahwa ada sebuah kebiasaan yang biasa dilakukan pada zaman sahabat Nabi Muhammad di pertengahan bulan Ramadhan. Sebuah sunnah yang apabila diamalkan akan menjadi tambahan pahala kita di bulan suci ramadhan.

Tags: